Richard Feynman, Tokoh Pengubah Dunia

re-catalog_2013-2737
Judul: Richard Feynman
Penulis: Sweetspot
Kartunis: Haebong Lim
Alih bahasa: Endah Nawang N
Penerbit: PT Elex Media Komputindo
Tebal:169
Jenis buku: Novel Grafis (Why? People)

“Para profesor universitas terkenal dunia, mereka akan berkata kepada murid-muridnya “jadilah orang yang bisa mengubah dunia’. Ajaran tersebut bukan hanya sesuatu yang mengubah dunia bersinar dan sehat tetapi juga menjadi sesuatu yang bermanfaat dan luar biasa.”

Sinopsis
Sumbangan terbesar Feynman di dunia fisika adalah di bidang Elektrodinamik Kuantum, teori yang menjelaskan interaksi cahaya dan materi (light-matter interaction). Teori Elektrodinamik Kuantum dirintis oleh pakar kuantum Paul Dirac, Werner Heisenberg, Pauli dan Enrico Fermi pada tahun 1920-an. Feynman brhasil menyelesaikan teori ini.

Kontribusi lain Feynman adalah “Diagram Feynman”, yang menyingkatkan kalkulasi berlembar-lembar menjadi sepoton diagram sederhana yang mudah diinterpretasikan secara fisik. Diagram Feynman ini akhirnya dipakai secara luas dalam mempelajari interaksi antarpartikel.

Ulasan
Feynman lahir di Far Rockaway New York, 11 Mei tahun 1918. Ayah Feynman adalah seorang penjual pakaian seragam militer. Kegemaran Feynman pada sains ditularkan dari pola pendidikan sang Ayah yang mengajari Feynman dengan cara mengobservasi benda dengan diskusi dan menjelaskan contohnya.
Prinsip belajar yang mendidik dari sang Ayah memberi pengaruh yang besar di dalam kehidupan Feynman kelak.

Sebagai seorang pendidik, Feynman menggunakan contoh-contoh dalam kehidupan sehari-hari sebagai ganti istilah-istilah sulit yang ada dalam pelajaran fisika untuk memudahkan memberikan pengertian konsep fisika kepada mahasiswanya. Feynman berkeinginan menunjukkan kepada orang-orang bahwa belajar fisika menyenangkan.

“Pengajaran yang hanya mementingkan hafalan tanpa pengalaman merupakan pengajaran diam (silent education). Dengan pengajaran yang seperti ini tentu tidak akan menghasilkan ilmuwan-ilmuwan handal.” (halaman 135)

Kontribusi Feynman dalam bidang sains salah satunya adalah Diagram Feynman. Diagram Feynman adalah hasil ide yang dipikirkan saat Feynman belajar elektrodinamika kuantum. Peninggalan bersejarah ini memberikan bantuan yang besar kepada mahasiswa yang belajar fisika di masa mendatang.

Richard Feynman menerima Penghargaan Nobel Fisika pada tahun 1965. Feynman tetap mengajar dan melakukan penelitian karena ia senang sekali menemukan hal-hal baru. Pada tahun 1986 ia diminta untuk menyelidiki kecelakaan pesawat ulang-alik challenger. Berkat Feynman maka penyebab kecelakaan ditemukan. Pada tahun 1988 Feynman meninggal karena sakit yang dideritanya. Kepergian Feynman meninggalkan duka yang dalam. Pribadinya yang bebas, ramah dan menyenangkan melekat di dalam benak orang-orang yang ditinggalkannya. Di dalam sains yang kaku Feynman menemukan kebahagiaan dan menikmatinya dengan penuh rasa humor.

Buku Feyman yang saya baca sebelumnya kalau tidak salah dari Penerbit Mizan. Mengenai isinya hampir serupa, tetapi tentu saja yang ini versi komik. Dibuat dengan alur campuran (cerita memiliki campuran alur maju dan mundur) namun tetap bisa dinikmati. Kisah di buku ini cukup menggambarkan secara ringkas profile dan karya ilmuwan Richard Feynman. Namun jika Anda ingin mengenal tokoh Richard Feynman lebih luas buku What Do You Care What Other People Think dan Surely You’re Joking, Mr. Feynman! bisa menjadi referensi yang menarik juga loh 🙂

Leave Your Comment

Your email will not be published or shared. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

*