Kurcaci dan Pulau Ajaib

Ini dongeng tentang kurcaci dan pulau ajaib, dari buku Misteri Soliter. Soliter sendiri adalah nama salah satu permainan kartu remi, yang dapat dimainkan sendiri.

Jadi, begini ceritanya: Alkisah ada seorang pelaut terdampar di sebuah pulau yang tidak berpenghuni. Dalam kesendiriannya ia sering melamunkan bercakap-cakap dengan teman-teman khayalan. Mereka adalah sekumpulan kartu remi dalam wujud kurcaci. Si pelaut sangat intens berkomunikasi dengan teman-teman khayalannya, seolah-seolah mereka betul-betul ada. Hingga suatu hari, dia bertemu dengan mereka dalam kehidupan nyata. Para kurcaci itu hadir karena khayalan si pelaut. Mereka membentuk koloni dan bertindak seperti titah sang pelaut dalam dongeng yang dihidupkannya sendiri.

Setelah 52 tahun berselang (jumlah satu pak kartu remi), seorang pelaut lain terdampar di pulau ajaib itu. Suatu hari dia bertemu dengan para kurcaci dan menanyakan siapa raja di pulau itu. Para kurcaci menjawab bahwa mereka punya banyak raja. Sang pelaut merasa kebingungan. Sampai ketika akhirnya dia bertemu dengan pelaut tua yang lebih dahulu terdampar di pulau ajaib ini. Dia lah, sang pelaut tua, penguasa pulau ajaib.

Pada permainan kartu remi, dikenal 4 simbol raja yang berbeda satu sama lain, yaitu sekop, keriting, wajik, dan hati. Menurut cerita, 4 simbol raja pada kartu remi, ternyata melambangkan 4 raja yang terkenal di jaman masing-masing, yaitu: Sekop (David/Raja Daud), Keriting (Alexander the Great/Iskandar Agung), Hati (Charlemagne/Raja Prancis), Wajik(Julius Caesar). Oya, ada juga dua buah kartu joker, merah dan hitam sebagai kartu tambahan. Joker adalah kartu yang ikut menentukan kemenangan dan kekalahan dalam setiap permainan remi. Kartu remi adalah contoh bagaimana sebuah keteraturan bekerja.

Demikian juga kehidupan di pulau ajaib. Mereka punya banyak raja. Dan ada juga tokoh joker. Joker adalah tokoh yang pintar dan tak berhenti bertanya.  Kehadirannya seringkali menimbulkan kekacauan pada sistem nilai yang telah lama dianut. Namun demikian ia adalah seorang yang netral. Joker tidak masuk ke dalam kelompok manapun tapi ia bisa masuk ke kelompok mana saja. Ia lah chaos di antara keteraturan.

Apakah akhirnya para kurcaci itu mengetahui asal usul mereka? Atau akankah selamanya dunia dan kehidupan mereka di pulau ajaib menjadi misteri selamanya? Seperti juga, manusia?

2 Comments

  1. Lha~Rhase.PUBIJING

    cerita nya Qr333n Jg4,4nd !Lmu pNg3t4huan I jd brtanbah. th4nkzZZZZZ y4w. . . . .!!!!!!!

  2. ceritanya qreeeEEEEEn bgtzzzZZZZZZZ.
    ilmu pengetahuan I jd bertambah.didalam lubuk hati I yang terdalam I pun berharap mempunyai sahabat hayalan yang bisa mengerti I dan Selalu menemani I saat suka maupun duka hinga akhirnya bisa menjadi sahabat I dlm dunia nyata

Leave Your Comment

Your email will not be published or shared. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

*