A Short History of Tractors in Ukrainian


Judul Asli: A Short History Of Tractors In Ukrainian (Sejarah Singkat Traktor Dalam Bahasa Ukraina)
Penulis: Marina Lewycka
Cetakan: Februari, 2008
Penerbit: PT Gramedia Pustaka Utama
Tebal: 413

Jangan tertipu dengan judulnya :).

Nikolai adalah seorang duda berusia 84 tahun. Dua tahun setelah kematian istrinya ia jatuh cinta pada seorang wanita bernama valentina, 36 tahun yang mempunyai seorang putra. Valentina masuk ke Inggris bersama putranya, Stanislav dengan visa turis. Ia bekerja secara illegal di panti perawatan. Stanislav belajar di sekolah swasta yang bergengsi. Valentina sendiri bersuamikan seorang direktur politeknik ternopil di Ukraina.

Segera setelah visa turis Valentina berakhir, ia akan kembali ke Ukraina, mengajukan gugatan cerai kepada suaminya dan kembali ke Inggris untuk menikah dengan Nikolai. Valentina dan Stanislav selanjutnya akan tinggal bersama Nikolai.

Namun sesungguhnya Valentina yang cantik ini tidak sungguh-sunggguh mencintai Nikolai. Ia memanfaatkan Nikolai untuk mendapatkan hak tinggal di Inggris, sekolah yang baik untuk Stanislav dan hidup mewah serta nyaman di negara ini. Valentina seringkali menganiaya Nikolai, terutama ketika keinginannya tidak terpenuhi. Ia sangat licik dan kejam.

Ketika suatu hari, Nadia, putrinya mengetahui perbuatan semena-mena Valentina terhadap ayahnya, Nadia memprotes sang Ayah. Namun Nikolai hanya menjawab dengan singkat: “Orang bisa memaafkan wanita cantik atas banyak hal.” (hal 224)

Kedua putri Nikolai, Vera dan Nadezhda, yang sejak awal tidak menyetujui pernikahan ini, kemudian bersatu padu untuk menyelamatkan Ayah mereka dari Valentina yang hanya menginginkan uang dan harta dari ayah mereka.

Nadia adalah seorang dosen sosiologi. Pandangan Nadia yang sosialis (si kakak sering menyebutnya dengan pekerja sosial) seringkali berbenturan dengan si kakak yang lebih bersikap sinis menyikapi sesuatu. Perbedaan pandangan itu menyebabkan permusuhan di antara mereka. Namun demi ayah, kedua bersaudara ini kemudian melupakan permusuhan mereka. Dan dalam rentang waktu inilah Nadia dipaksa kembali kepada masa lalu Ayah dan Ibunya serta kakak yang begitu tampak gagah di luar namun sesungguhnya menyimpan rahasia dan luka masa kecil. Nadia dan Vera berbeda sepuluh tahun. Vera lahir dalam keadaan negara diancam perang. Sebaliknya Nadia, lahir ketika negara dalam keadaan damai.

“Yang menurutku sulit dipahami, Vera, mengapa orang-orang begitu mudah saling mengkhianati? Mestinya mereka menunjukkan solidaritas dalam menghadapi penjajahan.”

“Tidak tidak, itu pandangan naif, Nadeshda. Kau tahu, ini sisi gelap manusia. Kalau seseorang punya kekuasaan, kalangan yang ditindas semakin berusaha mendapat perlakuan baik dari mereka. Lihat saja bagaimana Pappa selalu mencoba menyenangkan hati Valentina, meski Valentina menganiayanya. Lihat saja bagaimana cara kaum politikus Buruh merangkak untuk menawarkan kesetiaan mereka kepada kaum kapitalis padahal mereka sudah bersumpah akan menggulingkan kaum kapitalis. Tentu saja bukan cuma kaum politisi, ini terjadi di seluruh kerajaan hewan juga.” (hal 269-270)

Dan bagaimana pandangan vera mengenai sisi gelap manusia? Ini dia:
“Dari mana kau pikir kepicikan dan keegoisan berasal, kalau bukan dari semangat kemanusiaan? Apa kau benar-benar percaya ada kekuatan jahat yang mengganggu dunia? Tidak, kejahatan datang dari dalam hati manusia.” (hal 329)

Pada akhirnya, kisah yang mengulas begitu banyak hal ini juga menyelipkan sebuah kesadaran bahwa: “Wanita selalu mau berbuat apa saja demi anak mereka.”
(Mengacu pada kisah di buku: Valentina mengupayakan apapun agar Stanislav bisa mendapatkan pendidikan yang baik. Vera yang materialis, yang juga diam-diam menginginkan harta warisan orang tuanya melakukan itu semata-mata demi masa depan anak-anaknya. Pun demikian dengan Nadia.)

Buku yang menarik, sunguh sayang dilewatkan. Melalui buku ini kita bisa menapak tilas Ukraina beberapa tahun yang lampau. Sebuah negara kecil yang berulangkali dijajah oleh negara-negara tetangganya.

Ada suatu pengetahuan berharga (sekaligus pertanyaan) yang saya peroleh dari sini.
“Ambil apel, tancapkan paku besi ke dalamnya, biarkan semalam, lalu keluarkan paku dan makan apelnya- dengan begitu, kau akan mendapat vitamin C sekaligus zat besi.”

update:
Oya, kalau Anda bertanya apa hubungannya dengan traktor, saya lupa menceritakan bahwa Ukraina adalah negeri pertanian. Dalam buku ini dikisahkan Nikolai sedang menulis sebuah buku mengenai traktor. Kemunculan traktor di negara itu mengubah pola tradisional kehidupan di desa, di mana yang awalnya dibutuhkan banyak pekerja untuk membajak ladang maka dengan traktor dapat mengurangi pekerjaan manusia. Namun yang menyedihkan adalah ketika kehadiran traktor di negara itu diluncurkan dengan mekanisme yang mengerikan.
Maka, Nikolai menutup ceritanya dengan menuliskan pesan ini.

“Maka aku meninggalkan Anda dengan pikiran ini, pembaca yang budiman. Gunakan teknologi yang dikembangkan insinyur, tetapi gunakan dengan semangat rendah hati dan selalu mempertanyakan. Jangan pernah membiarkan teknologi menjadi penguasamu, dan jangan manfaatkan demi menguasai orang lain.”

4 Comments

  1. Paragraf terakhir itu beneran? Seriously?

  2. Enggar

    Itu juga pertanyaanku Desty :). Mari kita browsing judul buku dan si penulis ini untuk mencari tahu.. hehe.

  3. Lah kok kalimat pembuka nya sama kayak resensiku heheheh

  4. Enggar

    @Melmarian: Yang mana ya? Yang jangan tertipu? Hehehe, jadi ceritanya waktu beli buku ini suamiku bilang jangan tertipu sama judulnya, waktu aku sedikit protes kenapa beli buku kok sejarah traktor? :). Dan ternyata aku memang tertipu 🙂

Leave Your Comment

Your email will not be published or shared. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

*