Rahasia Presentasi Steve Jobs

Judul Asli: The Presentation Secrets of Steve Jobs
Penulis: Carmine Gallo
Penerjemah: P.A. Letari, S.E.
Penerbit: Esensi (Erlangga Group)
Cetakan: satu, 2011
Tebal: 222

Ini adalah buku yang saya peroleh dari hadiah kuis yang diadakan oleh Penerbit Esensi melalui akun twitter mereka di @penerbitesensi. Kuis berupa tweet bagaimana Steve Jobs menginspirasimu. Untuk pertama kalinya saya berhasil memenangkan kuis berhadiah buku, dan tidak hanya satu tapi dua dari dua penerbit yang berbeda, Esensi dan Mizan. Alhamdulillah 🙂

Baiklah, mari kita mulai.

Seorang komunikator yang baik adalah mereka yang dapat memberi inspirasi. Mereka memperlakukan produk yang mereka ciptakan tidak sekedar barang, melainkan ‘sesuatu’ yang mempunyai makna. CEO Starbuck, Howard Schulz tidak menjual kopi, mereka menjual ‘tempat ketiga’ antara kantor dengan rumah. Demikian juga Steve Jobs. Jobs tidak menjual komputer. Ia menjual alat agar manusia bebas memaksimalkan potensinya.

Sejak muda Jobs jatuh cinta pada visi mengenai bagaimana komputer pribadi akan mengubah masyarakat, pendidikan, dan hiburan. Gairah ini menular dan mempengaruhi orang-orang disekitarnya. Gairah ini pula yang memancar ketika ia tampil melakukan presentasi. Ia termotivasi oleh keinginan untuk mengubah dunia, untuk ‘memberi warna di jagat raya’.

Steve Jobs adalah komunikator yang paling memukau di panggung dunia. Antusiasme dan energi yang dipancarkan oleh Steve memukau para audiensnya. Ia selalu melakukan kontak mata, isyarat tangan dan postur terbuka setiap kali berbicara dengan mereka.

Banyak orang yang menantikan presentasi Steve Jobs. Mereka rela antre untuk mendapatkan tempat duduk terbaik di pidatonya. Video presentasi Jobs di youtube pun banyak diakses oleh ribuan atau bahkan jutaan orang.

Apa saja rahasia presentasi Jobs?
1. Menciptakan Cerita
2. Menciptakan Pengalaman
3. Memoles dan Melatih diri

Jobs mengandaikan “setiap presentasi menceritakan sebuah kisah, dan setiap slide mengungkapkan sebuah skenario”. Maka ia membagi presentasinya ke dalam adegan tiga babak. Presentasi Jobs mirip dengan adegan dramatis dari sebuah drama di panggung-panggung theater.

Ingin mengetahui lebih lengkap Rahasia Presentasi Jobs? Silakan baca bukunya. Buku ini juga dapat menjadi pegangan Anda yang ingin belajar untuk menjadi komunikator yang handal.

Jangan membayangkan isi buku ini seperti buku teks yang rumit dan membosankan, sebaliknya Anda mungkin akan merasa memasuki dunia yang sedikit penuh petualangan dan mengasyikkan.

Leave Your Comment

Your email will not be published or shared. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

*