Night Flight

Untitled-1 copy
Judul: Night Flight
Penulis: Antoine de Saint-Exupery
Alih bahasa: Isao Arief
Penerbit: PT Elex Media Komputindo
Tahun terbit: 2010
Tebal: 190

Buku Night Flight ini berbentuk grafis (komik). Kisah dalam buku ini lebih merupakan memoar pengalaman Exupery sendiri sebagai pilot pos udara dan tragedi yang nyaris merenggut nyawanya.

Night Flight bercerita tentang perusahaan angkutan pos udara pertama yang melayani rute Amerika Selatan. Pada masa itu pengangkutan dan transportasi didominasi oleh kereta api dan kapal untuk jalur darat dan laut. Riviere adalah nama pemilik perusahaan armada pos udara ini. Ia melihat pasar yang cukup potensial untuk melakukan pengangkutan pada malam hari dengan mengggunakan pesawat untuk mempersingkat waktu.

Riviere memimpin dengan sangat keras. Para pilot mengemudikan pesawat dengan mengandalkan baling-baling pesawat, tongkat kendali penentu arah, sinar bulan dan bintang-bintang. Pesawat pada masa itu belum dilengkapi dengan radar dan peralatan digital seperti saat ini. Pekerjaan ini sepenuhnya mengandalkan kemampuan seorang pilot dengan keberanian tinggi.

Dikisahkan seorang pilot pemberani bernama Fabien yang baru menikah dan harus bertugas mengantarkan paket dengan rute Patagonia, Buenos Aires. Cuaca yang semula cerah berubah menjadi badai. Fabien pilot yang terlatih dan tidak mudah menyerah. Setelah ia berhasil melewati badai angin Fabien dan rekannya terpaksa harus menerima kenyataan bahwa bahan bakar mereka tidak mencukupi. Sementara pesawat mereka tersesat terbawa angin sampai lautan atlantik.

Fabien adalah bagian dari sebuah kisah mengenai kebanggaan dan keberanian orang-orang yang bekerja di udara. Pengorbanan Fabien dan para pilot pemberani lainnya tidak pernah sia-sia karena pengabdian mereka melebihi cinta dan kematian.

Terima kasih untuk mbak Lilik Wijayati yang telah memberikan buku ini. Kejutan buat saya karena tidak menyangka ada buku di dalam paket benih tanaman :).

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.