Kunci Rahasia George ke Alam Semesta

Judul asli: George’s Secret Key To The Universe
Penulis: Lucy & Stephen Hawking
Alih bahasa: Andang H. Sutopo
Cetakan: Jakarta, Mei 2009
Penerbit: PT Gramedia Pustaka utama
Tebal: 326

“Ilmu pengetahuan membantu kita untuk mengerti dunia di sekeliling kita dan semua keajaiban-keajaibannya.”

George adalah anak laki-laki yang memelihara seekor babi yang ia beri nama Freddy. Suatu hari Freddy menghilang. Freddy menyelusup ke rumah tetangga. Rumah itu sangat misterius, sepi dan gelap. Tanaman di kebun belakang rumah pun tumbuh liar, seperti tidak pernah diurus bertahun-tahun. George mengintip ke dalam lubang hitam pagar yang membatasi rumahnya. Ia ingat cerita Ibunya tentang penghuni rumah yang sudah tua dan menghilang tiba-tiba serta bunyi-bunyi misterius dari rumah itu. Namun George tidak menyurutkan langkahnya. Ia harus menyusul dan membawa pulang babi miliknya.

Pencarian Freddy membawa George berkenalan dengan seorang anak perempuan dari rumah misterius itu. Ternyata mereka adalah tetangga baru, yang belum lama menempati rumah itu. Nama gadis kecil itu Annie. Annie tinggal bersama Ayah dan Ibunya. Ayah Annie, Eric adalah seorang ilmuwan. Pak Eric mempunyai komputer paling canggih di dunia, namanya Cosmos. Cosmos bisa mengantarkan George menyelusuri alam semesta. George bisa berpetualang melewati planet, komet, menembus badai asteroid, bimasakti, dan lainnya. Sebelum pulang, Pak Eric meminta George untuk tidak menceritakan mengenai Cosmos pada orang lain. Itu adalah rahasia di antara mereka.

Namun sayangnya George lupa pada janjinya. Ia terpaksa menceritakan coretan gambar yang dibuatnya ketika pelajaran Mr. Greeper. Ia menceritakan Cosmos di hadapan seluruh teman dan gurunya.

George tidak menyadari bahwa ada seseorang yang menginginkan cosmos, dan akan membawa ia dan Pak Eric ke dalam bahaya besar. Bahaya itu adalah lubang hitam. Tidak ada yang lebih berbahaya di luar angkasa melebihi lubang hitam.

**
Lucy dan Stephen Hawking mengemas novel sains untuk anak-anak ini dengan sangat menarik. Tidak hanya anak-anak, kita, orang dewasa pun akan sangat menikmati novel dengan suguhan fakta-fakta ilmiah tentang alam semesta. Tak lupa diselipkan di dalamnya gagasan Hawking mengenai lubang hitam.

Lubang hitam mempunyai kekuatan untuk menelan benda-benda di sekitarnya. Oleh sebab gaya gravitasinya yang sangat besar memungkinkan lubang hitam menarik semua benda yang ada di dekatnya.

Dahulu orang percaya bahwa tak ada sesuatupun yang bisa keluar dari lubang hitam. Ternyata gambaran seperti itu tidak tepat. Dengan radiasi Hawking diketahui bahwa sesuatu bisa keluar dari sebuah lubang hitam. Penasaran? Coba saja membaca bukunya 🙂

2 Comments

  1. eni maryatun

    sis masih punya buku George secret key to the universe…?

Trackbacks

  1. George Berburu Harta Karun | Resensi Buku

Leave Your Comment

Your email will not be published or shared. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

*