Cerita Tentang Orchestra


Judul: Cerita Tentang Orkestra
Penulis: Robert Levine
Cetakan: pertama, 2010
Penerbit: BIP Kelompok Gramedia
Tebal: 95

Apa yang terbayang olehmu ketika mendengar kata orkestra?
“Musik yang besar dan rumit? Faktanya adalah di dalam musik orkestra seringkali ada 100 instrumen yang dimainkan, dan biasanya mereka dimainkan sama sekali berbeda antara satu dengan yang lain. Namun, mereka tetap bisa menciptakan musik yang begitu mengagumkan dan ajaib. Musik-musik seperti ini seringkali dimainkan pada layar lebar sebagai pelengkap dalam drama serta penamabah rasa seru pada acara televisi dan film, seperti di film Star Wars atau film kartun Bugs Bunny, dan lain-lain. Bukalah telingamu dan kamu akan mulai menyadari keberadaan komposisi klasik di banyak tempat.”

Buku Cerita Tentang Orkestra ini bercerita bagaimana musik klasik diciptakan dan mengapa musik itu memiliki kekuatan untuk membuat kita merasa senang, sedih, tegang, dan lega. Kita akan melihat bagaimana para komponis menciptakan rasa senang, sedih, marah, dan terkadang momen-momen yang mengganggu dengan menggunakan instrumen-instrumen yang berbeda, kecepatan yang berbeda, dan perubahan volume suara.

Mengasyikkannya lagi buku ini menyisipkan sebuah CD. CD ini dapat membantumu mempelajari dan mengenali jenis musik dari setiap era dan dari para komponisnya sendiri.

Sebagai lagu awal kamu akan dikenalkan dengan karya komponis Wagner yang berjudul Ride of the Valkyries. Musiknya sangat kuat, hidup dan menggairahkan dengan nuansa derap kuda yang terasa kental, menyuguhkan jalinan cerita tentang sembilan saudara perempuan, yang dalam masa itu mereka mengenakan helm-helm bertanduk yang sedang menunggang kuda.

Wagner adalah komponis jerman yang hidup di Era Romantik. Masa ini musik telah banyak dihiasi dengan not pada era Barok dan lebih sederhana di era klasik. Para komponis di era Romantik menerima pembelajaran dari kedua era sebelumnya sehingga menghasilkan sebuah musik yang benar-benar baru. Mereka menggunakan musik untuk membanjiri para pendengar mereka dengan emosi, menciptakan lagu sedih tentang cinta dan patah hati serta fantasi-fantasi magis tentang peri, penyihir, dan angsa.

The Four Season-Vivaldi, Era Barok

The Clock-Haydn, Era Klasik

Tentu saja, tidak hanya Wagner, di buku ini kamu bisa tahu ada banyak komponis hebat. Musik mereka yang indah abadi sepanjang zaman. Siapkan headshet dan buku ini, bersama si orkestra Bob kamu akan diajak menjelajahi dunia orkestra yang memesona dan menakjubkan.

4 Comments

  1. wah yang suka musik klasik harus baca ini nih :)

  2. Enggar

    tepat :)

  3. Mau tanya dong, hari ini saya beli buku ini pas Gramedia Fair dan harganya 15ribu, untuk ukuran buku gini menurut saya ini murah banget. Pengen tau harga aslinya berapa ya? Ga dicantumin soalnya hehehe makasih ya :)

  4. Enggar

    Waduh, saya lupa harga aslinya berapa. Tapi tampaknya sih bukan 15 ribu.

Leave Your Comment

Your email will not be published or shared. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>