Startupreneur


Judul: Startupreneur. Menjadi Entrepreneur Startup
Penulis: Hendry E. Ramdhan
Penerbit: Penebar Plus
Tahun terbit: cetakan keempat, 2018
Tebal: 203

Sejarah digital di Indonesia sudah dimulai di era 1990-an. Pada masa itu istilah startup terdengar kembali. Startup yaitu kewirausahaan rintisan yang berbasis inovasi digital. Startup yang lahir pada masa itu seperti Kaskus dan Detik sukses mempertahankan jaringan usahanya sampai sekarang. Kewirausahaan berbasis digital ini marak kembali pada tahun 2008-2009. Ratusan startup dilahirkan bersamaan dengan tumbuhnya kaum muda yang memiliki budaya yang melekat pada internet. Akhir 2014, Tokopedia, salah satu startup yang didirikan oleh William Tanuwijaya memperoleh kucuran dana dari perusahaan pemodal ventura yang disegani di dunia dengan angka yang fantastis dan terbesar dalam sejarah startup di Indonesia, yaitu 100 juta dollar. Tidak hanya Tokopedia, beberapa startup lainnya kemudian menyusul kesuksesan Tokopedia. Para startup ini diminati oleh para pemodal ventura asing. Mereka tak segan memberikan pemodalan bagi perusahaan-perusahaan yang baru berdiri, bahkan tak jarang yang masih sekadar konsep atau bibit yang bahkan belum teruji di pasar dengan baik.

Nah, bagaimana meyakinkan para ventura memberikan permodalan pada perusahaan-perusahaan yang baru berdiri? Pelajari apa saja yang harus dipersiapkan oleh perusahaan rintisan (startup) untuk mengelola startupnya dengan mengadopsi pengajaran dari para profesor dari Stanford.

Pada buku ini, sang penulis, Hendry E. Ramdhan ingin membagikan pengalamannya yang berhasil mewakili Indonesia dalam program Stanford Go-to-Market yang diadakan oleh sekolah bisnis terkemuka di dunia, Stanford graduate School of Business (GSB) yang berlokasi dekat dengan kawasan Silicon Valley. Stanford terkenal karena banyak lulusannya yang melahirkan startup fenomenal seperti Google, Yahoo, eBay, Linkedin, dan netflix.

Ingin seperti Larry Page dan Sergey Bin (pendiri Google) atau Pierre Omidyar (pendiri eBay) dan kawan-kawannya yang sukses membesarkan startup mereka? Yuk, kita belajar apa saja yang perlu disiapkan oleh para pendiri startup agar startupnya bisa dikelola seperti startup di kawasan Silicon Valley, Apa saja perangkat yang digunakan untuk memulai, menjalankan, dan mengembangkan startup? Apa yang membuat mereka berbeda dan meraih kesuksesan?

Buku ini membahas detail bisnis startup, seperti design thinking untuk menemukan ide bisnis startup, strategi dan model bisnis, proposisi nilai pelanggan, membangun tim yang solid, belajar manajemen entrepreneurship dari Silicon Valley, mengelola manajemen keuangan startup, presentasi pitching ke investor dan pemodal ventura, strategi penentuan harga, dan riset pasar.

Leave Your Comment

Your email will not be published or shared. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.