Steal Like An Artist

books
Judul: Steal Like An Artist
Penulis: Austin Kleon
Penerjemah: Rini Nurul B
Penerbit: Noura Books
Tebal: 147

“Semua ide baru hanyalah campuran atau leburan dengan satu ide lain atau lebih” (halaman 9)

Kleon adalah penulis dan seniman. Dalam bukunya Steal Like An Artist, ia memaparkan bahwa tidak ada ide yang benar-benar murni. Seperti diungkapkan oleh Pablo Picasso “Semua karya seni adalah hasil pencurian”. Namun, pencurian yang seperti apa? Jangan salah paham, buku ini sama sekali tidak mengajarkan teknik-teknik menipu 🙂

Seniman yang baik menyadari bahwa tak ada yang muncul tiba-tiba. Semua kreasi berasal dari sesuatu yang pernah ada.

Kleon mengibaratkan silsilah ide dengan silsilah keluarga dalam ilmu genetika. Kamu punya Ayah dan Ibu. Ada beberapa ciri fisikmu yang mirip mereka, tetapi karaktermu sendiri lebih banyak. Kamu adalah paduan orang tua dan semua leluhurmu. Demikian juga dengan silsilah ide. Kamu tak bisa memilih keluarga, tetapi bisa menentukan guru, teman, dan musik yang kamu dengarkan, juga buku bacaan dan film yang kamu tonton. Kamu adalah leburan pilihan yang kamu terima dalam hidup. Kamu adalah paduan pengaruh. “Kita dibentuk dan dipoles oleh hal yang kita cintai”~ Goethe.

Lalu, bagaimana mencuri yang baik? mencuri lah seperti seorang seniman. Seorang seniman adalah seorang kolektor yang sangat selektif. Mereka hanya mengumpulkan yang benar-benar mereka sukai. Demikian juga ide. Ide yang kamu peroleh bergantung kepada hal-hal di sekitarmu. Itu sebabnya kamu perlu memperhatikan apa yang kamu baca, lihat, dan dengar.

Tugasmu hanya menghimpun gagasan bagus. Semakin banyak ide keren yang kamu kumpulkan, semakin banyak pengaruh yang bisa kamu pilih. (Benar banget :)). Namun, ada baiknya, pilih satu tokoh yang kamu suka untuk kamu serap ilmunya. Pelajari semua mengenai tokoh itu. Lalu, temukan tiga orang yang disukai si tokoh dan gali lebih dalam tentang mereka. Ulangi sesering mungkin. Jadikan mereka sebagai gurumu, yang dari mereka kamu belajar apa pun yang kamu mau.

Jangan lupa, selalu belajar. Belajar bukan ketika hanya kamu sekolah.

“Sekolah itu satu hal. Pendidikan lain lagi. Keduanya tidak selalu beriringan. Bersekolah atau tidak, belajar selalu menjadi tugasmu.” (halaman 19)

Jadi, bagaimana belajar yang baik? Ini kata Kleon
Rasa ingin tahu adalah kuncinya. Perhatikan berbagai hal. Buru semua referensi dan telusuri lebih dalam dibandingkan siapapun. Dan, teruslah membaca.

Nah, oke banget kan tips dari mr. Kleon ini. Sederhananya, mencuri ide ala seniman adalah dengan belajar terus menerus, mengisi otakmu dengan hal-hal positif, dan banyak membaca. Bacaan adalah aset yang berharga, yang membuka jalan bagi ide-ide yang awalnya tertutup serupa dengan musik, film, yang kamu dengar dan tonton. Pengalaman hidup juga memberikan sumbangan bagi munculnya ide-ide kreatif.

Buku yang bagus, layak dibaca untuk semua orang terutama bagi mereka yang barangkali bertanya, bikin ide apa ya? 🙂

1 Comment

  1. ken

    Nice post 🙂
    Jadi penasaran pingin buru buru beli bukunya hehe

Leave Your Comment

Your email will not be published or shared. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

*