Dog Stories, Kisah-Kisah Anjing

Judul: Dog Stories Kisah-Kisah Anjing
Penulis: James Herriot’s
Penerbit: PT Gramedia Pustaka Utama

Ini adalah buku yang berisi kumpulan cerita tentang anjing-anjing dan pemilik mereka. Kisah nyata ini ditulis oleh James Herriot, dokter hewan yang bertugas di pedesaan Yorkshire yang indah.

Awalnya, Herriot bercita-cita menjadi dokter anjing. Sejak kecil ia terpesona oleh anjing. Bagi Herriot, anjing bukanlah makhluk yang biasa-biasa saja. Hewan ini mampu memperlihatkan kasih sayang dan kesetiaan yang tanpa batas.

Khayalan sebagai dokter anjing membawa Herriot pada pilihan profesi dokter ahli bedah hewan. Namun kemudian, situasi perekonomian menakdirkan Herriot untuk menempati kedudukan di Yorkshire Dales. Ini adalah praktik hewan besar yang berurusan dengan kuda pertanian, lembu, domba, dan babi. Tak ada anjing? Dan kemana impiannya, seorang dokter dengan jas praktek putih di bawah lampu operasi yang terang benderang dengan dikelilingi para perawat?

Namun, Herriot tidak punya waktu untuk menyesali semua itu. Seperti dituliskannya di bawah ini.

“Aku melewatkan waktu mengenakan kemeja biasa dan sepatu bot, melangkah susah payah mengarungi lumpur dan kotoran hewan, bergulat dengan hewan-hewan besar, ditendang, dirobohkan, dan diinjak-injak. Sebagai anak kota yang terlempar ke komunitas pedesaan terkecil yang hanya kubaca di buku, aku mirip perenang payah yang berusaha tetap mengambang di air dalam.”

Tapi, semua itu tidak sia-sia. Ada hal lain yang memesona Herriot di luar sana. Pemandangan Yorkshire yang indah. Seperti negeri ajaib. Dan ketika Herriot berada sendirian di lanskap itu, ia merasakan kesendirian, kedekatan dengan alam liar yang sangat menggugah semangat. Dan di desa ini, juga ada anjing-anjing yang harus ia tangani. Walaupun ia tak menjadi dokter anjing namun Herriot kerap menangani mereka juga.

Dan buku ini adalah kisah pengalaman Herriot dengan anjing-anjing itu. Ada Tricky, si anjing peking kesayangan Mrs. Pumphrey. Anjing betina Great Dane milik Harold, anjing betina yang tampak jinak namun sangat protektif sekaligus berbahaya saat melindungi anak-anaknya dan memberikan bekas luka gigitan di kulit paha Herriot. Tip, anjing pertanian yang tidur di bawah lapisan salju. Shep, anjing besar yang hobi menyalak dan berpura-pura ganas. Jake, anjing lurcher yang hidupnya berpindah-pindah bersama tuannya, Roddy Travers. Dan masih banyak cerita menarik lainnya.

Seperti Herriot bilang…
“Setiap anjing (dan pemiliknya) mempunyai kisah uniknya masing-masing…”

Leave Your Comment

Your email will not be published or shared. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

*