Sadarlah

Sadarlah adalah terjemahan dari karya Mitch Albom yang berjudul Have A Little Faith. Sadarlah adalah kisah nyata tentang perjalanan iman untuk menemukan tujuan hidup.

Ada dua tokoh yang menjadi inspirasi dari cerita ini, pertama adalah Albert Lewis, seorang rabi (pendeta untuk kaum yahudi) dan Henry Covington, seorang pendeta untuk kaum kristiani. Keduanya adalah orang-orang yang unik, yang bekerja berdasarkan keyakinan mereka demi keselamatan.

Kisah dua orang di atas diceritakan oleh si penulis (Albom). Bersama mereka Albom mengeksplorasi masalah-masalah yang membelit manusia modern: bagaimana bertahan di tengah kesulitan, keraguan akan Tuhan, dan pentingnya iman.

Banyak dialog-dialog yang menarik dalam kisah ini. Seperti pertanyaan tentang Tuhan berikut ini.

Albom: Bagaimana kita tahu Tuhan ada?

Rabi: Buatlah kasus yang menunjukkan bahwa Dia tidak ada. Seberapa kecil kita berhasil menemukansesuatu dalam sains, selalu ada sesuatu yang tidak dapat mereka jelaskan, sesuatu yang menciptakan semuanya dan tidak peduli ilmuwan mencoba berbagai cara untuk memperpanjang kehidupan, pada suatu tahap, hidup tetap saja berakhir. Dan apa yang terjadi ketika kehidupan sudah berakhir? Bila kau sudah sampai di akhir, di situlah Tuhan memulai. Perjalanan menuju keyakinan kepada Tuhan tidak selalu lurus, mudah atau bahkan logis.

Atau soal perkawinan dan komitmen. Mengapa dalam dunia yang modern, perceraian sering terjadi.

Rabi: Di masa kini orang terlalu berharap dari perkawinan. Mereka mengharapkan kesempurnaan. Setiap saat harus jadi sumber kebahagiaan. Itu hanya ada di televisi atau film, tetapi bukan pengalaman manusia. Orang sekarang tidak ingin membelenggu dirinya, tidak mau berkomitmen. Seorang yang berkomitmen adalah orang yang setia dan andal, begitupun dengan keyakinan.

Kita tidak mau terikat untuk terus menerus beribadat dan mengikuti semua aturan. Kita tidak ingin memiliki komitmen dengan Tuhan. Kita mendatangi-Nya bila kita membutuhkan. Komitmen yang sesungguhnya membutuhkan kekuatan yang terus menerus-dalam keyakinan dan dalam perkawinan.

Albom dengan lugas ingin menyatakan bahwa ada satu kesatuan dari beragam keyakinan yang ada di bumi ini. Semuanya mengaju kepada sesuatu yang lebih besar daripada diri kita sendiri, ialah Tuhan.

Leave Your Comment

Your email will not be published or shared. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

*