Ayah

download
Judul: Ayah
Penulis: Andrea Hirata
Penerbit: PT Bentang Pustaka
Tebal: 396

Ayah adalah kisah tentang para Ayah dari seorang anak laki-laki bernama Amiru. Barangkali Amiru begitu beruntung karena memiliki ayah-ayah yang mencintainya dengan cara mereka masing-masing.

Manikam, lelaki pendiam yang mencintai Marlena, Ibu Amiru. Kehidupan mapan dan tenang yang ditawarkan Manikam ternyata menggelisahkan Marlena. Belum sampai setahun pernikahan mereka, perempuan dengan jiwa pemberontak ini memutuskan bercerai. Lelaki kedua yang mengisi hidup Lena adalah Jon Picareli, gitaris kelas satu dari Medan. Kebahagiaan pernikahan mereka begitu sempurna seandainya Jon tidak melakukan keisengan yang beribu kali disesalinya kemudian. Lelaki terakhir yang mendampingi Marlena adalah Amirza.

Namun ada satu lelaki yang sangat berarti bagi Amiru. Lelaki yang dipanggilnya Aya. Ia adalah Sobari, pria sederhana dengan seluruh kebaikan yang menyelimuti dirinya. Lelaki yang sangat mencintai dan menyayangi Zoro, nama panggilan Sobari untuk Amiru.

Sobari, lelaki lugu ini bertemu Marlena ketika mereka masuk SMP. Sejak itu Sobari tak membiarkan dirinya jatuh cinta kepada perempuan lain selain Lena. Sayangnya, perempuan manis ini tak tertarik sedikitpun kepada Sobari. Jangankan melirik, ia sebal setengah mati melihat tingkah pola Sobari yang berusaha menarik perhatiannya dengan beribu cara. Alih-alih menanggapi puisi-puisi yang dikirimkan Sobari, Marlena menikmati hubungannya dengan banyak lelaki ganteng yang memujanya. Sampai suatu ketika takdir berkata lain. Marlena dan Sobari menikah. Pernikahan yang tak diinginkan oleh mempelai wanita. Pernikahan demi menyelamatkan sebuah situasi yang tak terduga.

Ulasan:
Mengutip kalimat di buku Ayah, “Seni menyenangi hal-hal yang biasa saja” (hal 51), mungkin itu juga gambaran singkat si tokoh Sobari. Lelaki sederhana, tak istimewa dalam tampilan tetapi memiliki kelapangan hati seluas samudra. Cerita di dalam buku ini juga dibumbui warna persahabatan yang tulus antara Sobari dengan kawan-kawan kecilnya, Ukun dan Tamat.

Cerita-cerita Andrea selalu mengingatkan saya untuk melihat sisi-sisi baik dari segala hal. Ia adalah penulis yang piawai merangkum kesedihan (kesengsaraan) dengan penuh humor. Hidup tak seharusnya ditangisi, sebaliknya berjuanglah karena Tuhan tak pernah lupa memberikan kejutan-kejutan manis di setiap jedanya.

Leave Your Comment

Your email will not be published or shared. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

*